Selasa, 21 April 2009

PELAYANAN KESEHATAN HEWAN SOSMAS BEM FKH DAN MADANI (FAK. TEKNIK)

PELAYANAN KESEHATAN HEWAN SOSMAS BEM FKH DAN MADANI (FAK. TEKNIK)


Pada hari sabtu tanggal 14-15 februari 2009, masyarakat peduli anak negeri (Madani) dari Fakultas Teknik UGM mengadakan kegiatan Baksos di dusun Munggang Wetan, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Acara baksos yang berlangsung selama 2 hari tersebut boleh dibilang merupakan acara baksos yang cukup komplit. Selain mengadakan pembagian sembako dan ikut bantuin ngajar di TPA, teman-teman Madani juga bekerja sama dengan fakultas-fakultas lain yaitu, kedokteran umum, kedokteran hewan dan kedokteran gigi di acara pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat Munggang wetan. Pelayanan kesehatan gigi dan pelayanan kesehatan hewan di adakan bersamaan pada tanggal 14 Februari dari jam 13.00 sampai 15.00 WIB. Sementara pelayanan kesehatan untuk masyarakat di adakan keesokan harinya.

Kerjasama dengan SOSMAS BEM FKH

Untuk pelayanan kesehatan hewan, Madani bekerja sama dengan Sosmas BEM FKH UGM. Berawal dari kunjungan Madani ke Sekret BEM-FKH pada pertengahan tahun 2008 kemarin. Ternyata keinginan untuk menjalin sebuah kerjasama akhirnya terwujud pada acara Baksos tersebut. Persiapan tim SOSMAS menanggapi ajakan kerjasama diawali dengan mengundang dokter hewan dari LSM SAHABAT PETERNAK. Tim pelayanan kesehatan hewan yang terdiri dari 1 dokter hewan, 2 dokter muda (Koas), dan 8 anak SOSMAS BEM mulai melakukan pemeriksaan hewan pada jam13.00. Karena di daerah tersebut pemilik ternak cukup banyak (sekitar 50 kepala keluarga), tim pelayanan kesehatan di bagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok menyisir ke daerah utara dan barat, Sementara satu tim lain ke daerah selatan dan timur.

Populasi ternak di sana terdiri dari sapi, kambing, kelinci, dan ayam. Populasi ternak yang paling dominan adalah sapi dan kambing. Dan selama 3 jam melakukan pelayanan kesehatan hewan, tim kesehatan hewan mendapatkan beberapa penyakit yang saat itu juga langsung ditangani, seperti mencret dan cacingan. Pada umumnya hewan banyak yang tampak sehat. Pengobatan dilakukan oleh dokter hewan dan dokter muda (koas), sementara teman-teman sosmas membantu untuk handling ternaknya.

Ada satu hal yang menarik saat pemeriksaan hewan, yaitu manajemen kandang. Di daerah tersebut tampaknya perlu diadakan penyuluhan mengenai manajemen kandang karena kandang untuk ternak masih jauh dari standar kandang yang layak. Kandang tidak berpintu, dan umumnya kandang beralaskan tanah sehingga pakan sangat rawan tercemar kotoran. Kotoran di dalam kandang juga sulit dibersihkan. Ini akan menjadi pekerjaan rumah baru untuk tim SOSMAS BEM FKH. Karena dusun Munggang Wetan telah menjadi desa binaan teman-teman Madani Teknik, kemungkinan kerjasama ini akan terus berlanjut dengan program-program lain yang tentunya akan selalu membawa nama baik BEM dan Fakultas Kedokteran Hewan ini. Bravo SOSMAS BEM FKH……Bravo FKH UGM…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar