Selasa, 28 April 2009

Welcome World Veterinary Day

World Veterinary Day atau biasa disingkat menjadi WVD adalah hari-nya veteriner sedunia. WVD sendiri baru mulai dirayakan di Indonesia sejak dua tahun silam. Perayaan WVD diadakan setiap hari Sabtu, minggu ketiga di bulan April. WVD tahun 2009 ini dilaksanakan pada tanggal 25 April 2009.

WVD dirayakan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda disesuaikan dengan kondisi/ isu yang akan diangkat tahun tersebut. Tema dunia untuk WVD 2009 ini adalah Veterinarians and Livestock Farmers: winning patnership. Namun mengingat kondisi di Indonesia yang kurang cocok dengan tema tersebut, maka PB IMAKAHI mengangkat tema nasional: Wujudkan Indonesia Sehat bersama Dokter Hewan. Tema tersebut diambil dikarenakan merujuk dari program pemerintah “Indonesia Sehat 2010”. Isu tersebut tidak hanya menyangkut dokter manusia/ kesehatan manusia-nya saja, melainkan harus mengikutsertakan kesehatan hewan pula, yang artinya perlunya peran dokter hewan/ veteriner disana.

Di PC IMAKAHI FKH UGM sendiri akan mengadakan Seminar Nasional dengan tema “ Zoonosis dan Dampaknya Terhadap Ketahanan Pangan Nasional” pada hari sabtu 2 mei 2009 serta di lanjutkan dengan Family Gathering pada hari berikutnya. Seminar Nasional tersebut direncanakan akan dibuka selain untuk mahasiswa UGM juga dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan menghadirkan empat orang pembicara dari kalanagn praktisi dan akademisi. Diantara pembicara yang direncanakan hadir adalah Prof. Dr. drh. Bambang Sumiarto, SU., MSc. ( Dekan FKH UGM), Ir. H. Teguh Boedijana ( Sekjen Perhimpunan Peternak Sapid an Kerbau Indonesia), drh. Samsul Bahri ( Sekdirjen Peternakan), drh. Wiwiek Bagja ( Ketua PDHI)
.
Kegiatan Family Gathering sendiri akan diise dengan berbagai kegiatan diantaranya maka gratis produk asal hewan, aksi sosial ( games dan bakti social), penyuluhan masyarakat, lomba memasak produk asal hewan serta akan diadakan aksi teatrikal oleh mahasiswa FKH UGM.

Doakan semoga World Veterinary Day 2009 ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Serta dapat membuka mata masyarakat Indonesia bahwa dokter hewan itu ada dan dibutuhkan demi menuju Indonesia yang lebih baik. Amin.
VIVA VETERINER!!!

MedPro Advokasi BEM FKH UGM

1 komentar: